Darwiastuti, Betty Risma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERRED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Tidar 3 Kecamatan Magelang Selatan). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (750kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Numberred Head Together berbantuan media batang napier terhadap hasil belajar
siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tidar 3 Kecamatan Magelang Selatan Kota
Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental dengan model
One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian dipilih secara exhaustive
sampling (sampling jenuh). Sampel yang diambil sebanyak 26 orang siswa.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji
validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus Product Moment
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan
program SPSS for Windows versi 22.00. uji prasyarat yang digunakan yaitu uji
normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non-parametrik yaitu uji
Wilcoxon Signed-Rank Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi
22.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numberred
Head Together berbantuan media batang napier berpengaruh positif terhadap hasil
belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon Signed-Rank Test
pada kelas eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest
dan post-test sebesar 11,07. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Numberred Head Together berbantuan media
batang napier berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si. dan Tria Mardiana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Numberred Head Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:46 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:00 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |