Hartini, Dwi Wahyu Sri (2020) PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA ENERGI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IVA SD Islam Al-Iman plus, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0078_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (681kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0078_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0078_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0078_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil belajar IPA melalui
pembelajaran dengan model Numbered Heads Together berbantuan media ular
tangga energi pada siswa kelas IVA SD Islam Al-Iman plus Magelang Tahun
Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasi Eksperimen
dengan menggunakan desain penelitian ialah Non-Equivalent Control Group
Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Islam Al-Iman plus
Magelang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, karena jumlah
siswa pada satu kelas kurang dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Jenis analisis data yang
digunakan adalah analisis secara kuantitatif. Rumus Product Moment digunakan
untuk melakukan uji validitas instrumen soal tes sedangkan rumus Cronbach
Alpha dengan bantuan SPSS for windows versi 22 untuk uji reliabilitas. Uji
normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis data. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji hipotesis One Way Anova
dengan bantuan SPSS for windows versi 22.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa melalui
pembelajaran dengan model Numbered Heads Together berbantuan media ular
tangga energi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan oleh
hasil pada kelas eksperimen dengan analisis uji One Way Anova yaitu dengan
memiliki nilai probabilitas sig 0.05 Fhitung = 214.573 > F0.05 (3:84) yang sebesar
2.71. Sedangkan Fhitung = 16.680 > F0.05 (3:84) yang sebesar 2.71 pada hasil dari
uji one way anova melalui lembar observasi dengan nilai sig 0.05. Selain itu,
terdapat perbedaan nilai tes dan lembar observasi pada kelas eksperimen maupun
kelas kontrol berdasarkan hasil analisis dan pembahasan. Hasil tes kelas
eksperimen yaitu 47 menjadi 87.36 sedangkan kelas kontrol 49.31 menjadi 85.04.
Berdasarkan hasil tersebut penelitian diinyatakan berhasil karena penerapan
model Numbered Heads Together berbantuan media ular tangga energi
berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si dan Dhuta Sukmarani, S.Si. , M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Model Numbered Heads Together Berbantuan Media UlarTangga Energi, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:28 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |