Maharani, Dea Rika (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) BERBANTUAN MEDIA LUMER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV Gendengan, Kelurahan Temanggung I). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0066_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0066_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Team Games Tournament berbantuan media Lumer terhadap hasil belajar IPS
siswa kelas IV di Gendengan, Kelurahan Temanggung I, Kabupaten Temanggung.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre Eksperimental Designs,
khususnya One Group Pre Test- Post Test Design. Model pembelajaran Team
Games Tournament berbantuan media Lumer terhadap hasil belajar IPS siswa
kelas IV Gendengan, Kelurahan Temanggung I dengan sampel 20 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data melalui soal
tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon
dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games
Tournament berbantuan media Lumer berpengaruh terhadap hasil belajar pada
mata pelajaran IPS. Hal itu diperkuat dengan nilai rata-rata pretest 56,94 dan nilai
rata-rata posttest 78,47 yang mengalami peningkatan sebesar 21,53. Uji hipotesis
diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Lumer
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Septiyati Purwandari, M.Pd dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Games Tournament berbantuan Media Lumer, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:44
Last Modified: 05 Mar 2025 02:27
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item