Pambudi, Yunike Rizky (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN MEDIA BOBA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa kelas IV di Kelurahan Kramat). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0057_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0057_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0057_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0057_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0057_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan model
Realistics Mathematics Education berbantuan media BOBA terhadap hasil belajar
Matematika pada siswa kelas IV SD di Kelurahan Kramat Selatan Kota
Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Eksperiment dengan
menggunakan desain penelitian One Grup Pretest Posttest. Variabel bebas
penelitian yaitu model pembelajaran Realistics Mathematics Education dan
variabel terikat yaitu hasil belajar Matematika. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV SD di Kelurahan Kramat Selatan yang berjumlah 12 siswa. Sampel yang
digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa. Teknik Sampling yang
digunakan adalah Sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes. Uji instrument menggunakan uji validitas
instrumen dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan
bantuan IBM SPSS versi 25.00 for windows. Sedangkan analisis data penelitian
Uji Normalitas menggunakan Uji Parametrik dengan T Test Shapiro Wilk dan Uji
Hipotesis menggunakan Paired Sample Test dengan bantuan program IBM SPSS
versi 25.00 For Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Realistics
Mathematics Education berbantuan media BOBA berpengaruh terhadap hasil
belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata
Posttest setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Realistics
Mathematics Education dibandingkan nilai rata-rata Pretest. Data penelitian
dilakukan uji prasyarat dengan Uji normalitas yang hasilnya data normal.
Berdasarkan analisis diperoleh nilai signifikan 0,001. Nilai Sig 0,001 <0,05 dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Realistics Mathematics Education
berbantuan media BOBA berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar
Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons,dan Ari Suryawan, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Realistics Mathematics Education
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:37
Last Modified: 06 Mar 2025 08:00
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item