Rahayu, Kartika Tri (2020) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0102.0031_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0102.0031_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0102.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0102.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0102.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan
keuntungan dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal
sendiri yang menunjukkan efektivitas perusahaan, semakin tinggi laba yang
dihasilkan maka perusahaan tersebut semakin efektif. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji secara empiris Corporate Social Responsibility (CSR) dan
Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas perusahaan. Profitabilitas dalam
penelitian ini diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA) dan Return
On Equity (ROE). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang
terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Berdasarkan metode pengambilan sampel
dengan purposive sampling dengan periode penelitian 5 tahun diperoleh sampel
sebanyak 13 perusahaan. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi
linier berganda. Hasil menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR)
tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan Pertumbuhan
Penjualan (GROWTH) berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan.
Hasil ini menunjukan bahwa stakeholder dan shareholder lebih mengandalkan
informasi keuangan dibandingkan informasi non-keuangan seperti pengungkapan
CSR dalam mengambil keputusan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Lilik Andriyani,M.Si dan Annisa Hakim Purwantini .S.E,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility (CSR), Pertumbuhan Penjualan (GROWTH), Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:35
Last Modified: 12 Mar 2025 02:51
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item