Mukaromah, Dina Hanania (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL) MELALUI MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Wonosari Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (547kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual) melalui Media papan
pintar terhadap hasil belajar IPA kelas III di SD Negeri Wonosari Kecamatan
Bulu, Kabupaten Temanggung.
Desain penelitian ekperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental
Designs dengan model one group Pretest-posttest design. Desain penelitian ini
dikatakan sebagai one group Pretest-posttest design karena sebelum diberi
perlakuan, terlebih dahulu mengambil sampel sebanyak 20 siswa kemudian diberi
Pretest dan diberi posttest di akhir pembelajaran. Pengujian validitas dalam
penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dengan
bantuan progam SPSS for Windows versi 25.00. Dalam penelitian ini, uji
normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dengan bantuan program
komputer IMB SPSS 25
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran
SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual) melalui media Papan Pintar terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas III pada materi penggolongan makhluk hidup.
Dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas
III. Dibuktikan dengan uji Kolmogorov Smirnov t tabel 7,07 sig α 0,00 dan < 0,05
dan Ha telah diterima dan rata-rata siswa meningkat yang semula hanya ada 65%
siswa yang lulus setelah diberikan treatment menjadi 85% siswa yang lulus
meningkat sebesar 20% dengan nilai rata rata awal sebelum treatment 59 dengan
nilai tertingi 72 dan terendah 40 kemudian meningkat menjadi 79 dengan nilai
tertinggi 96 dan terendah 60.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd dan Septiyati Purwandari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam, Pembelajaran SAVI, Media Papan Pintar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:32 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:40 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |