Yustitia, Laras Subo (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA PUZGAN GAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sadangkulon Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0039_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0039_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0039_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0039_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0039_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media puzgan gaman
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sadangkulon, Kecamatan
Sadang, Kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian ini adalah Pre–Exsperimental Design dengan desain
penelitian One Group Pretest-Posstest Design. Sampel yang diambil sebanyak 19
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes
pilihan ganda berjumlah 30 soal yang sudah diuji tingkat kevalidannya dan
reliabilitasnya. Uji validitas instrumen meggunakan teknik korelasi product
moment dari Karl Pearson dengan bantuan program komputer IBM SPSS versi 20.
Sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan
program IBM SPSS versi 20. Analisis data menggunakan teknik statistik Paired
Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran STAD (Student
Team Achievement Division) berbantuan media puzgan gaman berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar IPA sebelum penerapan model pembelajaran STAD
berbantuan media puzgan gaman (pretest), dengan sesudah perlakuan (posttest)
menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media puzgan gaman, yang
dibuktikan dengan nilai probabilitas 0,00 < 0,05. Hasil dari penelitian tersebut
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan
media puzgan gaman terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Tria Mardiana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Media Puzgan Gaman, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:30
Last Modified: 18 Mar 2025 03:29
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item