Eviyana, Eviyana (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA KARTU AKSARA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Dusun Gandulan Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0031_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (807kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0031_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
pembelajaran Student Team Achivement Division dengan Media Kartu Aksara
Jawa terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa pada siswa kelas IV di Dusun
Gandulan, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan
penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu
terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awal-tes
akhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV di Dusun Gandulan sebanyak 10 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Tes Essay. Uji
instrumen pada penelitian ini yang divalidasi melalui validasi ahli dan validasi
konstruk. Sedangkan uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan rumus
Cronbach’s Alpa. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji nomalitas, dan uji
hipotesis Analisis data menggunakan teknik statisticparametric yaitu Uji n Paired
Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 20.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan
pembelajaran Student Team Achivement Division dengan media kartu aksara jawa
terhadap keterampilan menulis aksara jawa pada siswa kelas IV di Dusun
Gandulan. Dibuktikan dengan hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada unjuk
kerja tes dengan probabilitas nilai signifikansi adalah nilai thitung9.671 > ttabel
2.262.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd, dan Galih Istiningsih, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Student Team Achivement Division, Kartu Aksara Jawa, Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:23 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:50 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |