Solehah, Fajri Rahmawati (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (Student Teams Achievement Divisions) BERBANTUAN MEDIA BUKU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III Desa Sambong Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0026_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0026_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0026_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0026_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0026_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Materi penerapan konsep energy gerak merupakan salah satu materi yang
sulit dipahami oleh siswa. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar IPA masih
rendah, oleh hal itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model
pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbantuan media
buku pintar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III Desa Sambong Kecamatan
Punggelan Kabupaten Banjarnegara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Exsperimental Design, dengan
model One-Grup Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 18
siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel
menggunakan sampeling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes
ini digunakan untuk menguji sejauh manasiswa mengalami perubahan hasil
belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan. adapun analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Wilcoxon Signed Rank Tes dengan program SPSS
versi 16.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran STAD berbantuan
Media Buku Pintar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Bukti adanya
peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara niali
pretest dan nilai posttest yaitu nilai rata-rata pretest 63,6 sedangkan rata-rata nilai
posttest 79 dan hasil Wilcoxon Signed Rank Tes diperoleh nilai (2-tailed) -3,730
dengan nilai signifikansi 0,001.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons dan Dhuta Sukmarani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:21
Last Modified: 14 Mar 2025 01:49
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item