Yunita, Nia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA LAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Treko 2 dan SD Negeri Senden, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0017_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (909kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0017_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0017_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0017_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0017_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Quantum Teaching berbantuan media lapbook terhadap hasil belajar IPA siswa
kelas IV Sekolah Dasar Negeri Treko 2 Kecamatan Mungkid, Kabupaten
Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan Quasi
Eksperimental tipe Noneequivalent control group design. Subjek Penelitian
dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa kelas IV
terdiri dari 20 siswa SD Negeri Treko 2 sebagai kelompok eksperimen dan 20
siswa SD Negeri Senden sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data
dilakukan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik
korelasi product moment dengan bantuan komputer IMB SPSS versi 25.00 for
windows. Analisis data menggunakan teknik statistik Mann-Whitney U dengan
bantuan bantuan komputer IMB SPSS versi 25.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model Quantum Teaching berbantuan
media lapbook berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan
dari hasil analisis Uji Mann-Whitney U pada kelompok eksperimen dengan nilai
0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor
rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 7,97 sedangkan
kelas kontrol 6,87. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model Quantum Teaching berbantuan media lapbook berpengaruh positif terhadap
hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M. Si, dan Dhuta Sukmarani, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:20 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:27 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |