Muttaqiin, Hapsari Nur (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA LACI BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II Lingkungan Wonolelo Muntilan). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0003_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (665kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0003_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0003_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0003_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0003_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (376kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran
SAVI berbantuan media laci berhitung terhadap hasil belajar matematika pada
siswa kelas II di Lingkungan Wonolelo Muntilan.
Penelitian ini menggunakan desain pre experimental tipe one grup pretest–
posttes design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
dengan jumlah sampel sebanyak 14 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan tes pilihan ganda. Uji validitas instrumen menggunakan rumus
product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan
bantuan program IMB SPSS Versi 25.00. Uji prasyarat analisis yaitu uji
normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired
Sample T-test dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan
media laci berhitung dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.
Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample T-test pada soal pre test
dan post test dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan skor rata-rata pre test
57,86 dan post test 77,50. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
peningkatan 19,64 dari skor rata-rata soal pre test dan post test. Hasil dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan
media laci berhitung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M. Si., Kons dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model SAVI Berbantuan Media Laci Berhitung, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:19 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:39 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |