Triyaningsih, Triyaningsih (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA KALKULATOR AJAIB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kaliurip, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (675kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif berbantuan media kalkulator ajaib terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas III SD Negeri Kaliurip.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Research), sedangkan desain penelitiannya menggunakan
Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelompok kontrol dan 20 siswa kelompok
eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes
pilihan ganda. Uji validitas intrumen hasil belajar matematika dengan
menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan
rumus cronchbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 23. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas uji linieritas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independen sampel t-test
dengan bantuan program IBM SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif
berbantuan media kalkulator ajaib berpengaruh positif terhadap hasil belajar
matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independen sampel t test Pada
kelompok eksperimen dengan probilitas nilai sig (2tailed) 0,000<0,05 yang
diperkuat dengan melakukan perbandingan perolehan thit>ttab. Hasil analisis
diperoleh thit8,496>ttab2,429. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh
nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 85,05 dan kelompok kontrol sebesar
73,15. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran kooperatif berbantuan media kalkulator ajaib memberikan pengaruh
positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kaliurip.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Galih Istiningsih M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Media Kalkulator Ajaib, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:17 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:01 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |