Hermawati, Lilis Afuja (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PANCA INDERA MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA KACANDRA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Sedayu 4 Muntilan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0105_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0105_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0105_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0105_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0105_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam tentang panca indera melalui model cooperative learning tipe
jigsaw dengan media kacandra (Penelitian pada siswa SD Negeri Sedayu 4
Muntilan Kabupaten Magelang).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan
meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui pembelajaran
cooperative learning dengan tongkat panca indera . Subyek penelitian ini adalah
kelas IV SD Negeri Sedayu 4 Muntilan berjumlah 25 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yang terdiri tiga pertemuan setiap
siklusnya. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan tehnik analisis
data menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA
melalui pembelajaran cooperative learning dengan tongkat panca indera . Hasil
Pra tindakan rata-rata 55,63 dengan ketuntasan klasikal 23,33% dan nilai dibawah
KKM 76,67%. Hasil Siklus 1 rata-rata 66,73 dengan ketuntasan klasikal 63,33%
dan nilai dibawah KKM 36,67%. Hasil Siklus 2 rata-rata 78 dengan ketuntasan
klasikal 93,33% dan nilai dibawah KKM 6,67%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwati, M.S.Kons dan Ari Suryawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Hasil Belajar IPA, Tongkat Panca Indera
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:16
Last Modified: 25 Feb 2025 04:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item View Item