Triyanti, Rina (2018) METODE SCAFFOLDING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK (Penelitian Pada Kelompok B di PAUD Tunas Bangsa Jampiroso Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0054_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (810kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
11.0304.0054_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
11.0304.0054_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
11.0304.0054_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peningkatkan
Kemampuan Bahasa Melalui Metode Scaffolding dengan Media Audio visual di
Kelompok B Tunas Bangsa Jampiroso Temanggung. Metode Scaffolding
merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan bahasa anak, karena bahasa mempunyai peranan yang sangat penting
bagi kehidupan manusia, agar metode Scaffolding tidak membosankan maka
seiring dengan perkembangan teknologi metode Scaffolding dituangkan dengan
bantuan media audio visual, sehingga pembelajaran dengan metode Scaffolding
pada anak usia dini tidak membosankan.
Melalui metode scaffolding dengan bantuan media audiovisual hasil
penelitian ini menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak didik
kelompok B 1 Tunas Bangsa lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya
di mana perkembangan bahasa anak hanya mencapai 50%, namun setelah
dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode Scaffolding dengan
menggunakan media audiovisual, pada siklus pertama mengalami peningkatan
mencapai 75%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus
kedua mengalami peningkatan mencapai 85%, dimana tingkat pencapaian tersebut
sudah memenuhi target penelitian yaitu 85%, Begitu pula dengan guru lebih
mudah dalam menyampaikan metode Scaffolding, . dan memberikan
pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran
melalui metode Scaffolding dengan media audio visual dapat dikatakan berhasil
dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa anak, untuk itu disarankan pada
semua guru dapat memberikan kegiatan Scaffolding dengan bantuan media audio
visual sehingga dapat menarik dan menyenangkan anak.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar,S.Psi,M.Si. (0614107401|) dan Nur Rahmah, S.Pd (0621108302)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Bahasa, Metode Scaffolding, Media Audiovisual.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:04
Last Modified: 12 Feb 2025 06:39
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item