Triyanti, Rina (2018) METODE SCAFFOLDING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK (Penelitian Pada Kelompok B di PAUD Tunas Bangsa Jampiroso Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
11.0304.0054_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (810kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
11.0304.0054_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
11.0304.0054_Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
11.0304.0054_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peningkatkan
Kemampuan Bahasa Melalui Metode Scaffolding dengan Media Audio visual di
Kelompok B Tunas Bangsa Jampiroso Temanggung. Metode Scaffolding
merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan bahasa anak, karena bahasa mempunyai peranan yang sangat penting
bagi kehidupan manusia, agar metode Scaffolding tidak membosankan maka
seiring dengan perkembangan teknologi metode Scaffolding dituangkan dengan
bantuan media audio visual, sehingga pembelajaran dengan metode Scaffolding
pada anak usia dini tidak membosankan.
Melalui metode scaffolding dengan bantuan media audiovisual hasil
penelitian ini menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak didik
kelompok B 1 Tunas Bangsa lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya
di mana perkembangan bahasa anak hanya mencapai 50%, namun setelah
dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode Scaffolding dengan
menggunakan media audiovisual, pada siklus pertama mengalami peningkatan
mencapai 75%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus
kedua mengalami peningkatan mencapai 85%, dimana tingkat pencapaian tersebut
sudah memenuhi target penelitian yaitu 85%, Begitu pula dengan guru lebih
mudah dalam menyampaikan metode Scaffolding, . dan memberikan
pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran
melalui metode Scaffolding dengan media audio visual dapat dikatakan berhasil
dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa anak, untuk itu disarankan pada
semua guru dapat memberikan kegiatan Scaffolding dengan bantuan media audio
visual sehingga dapat menarik dan menyenangkan anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar,S.Psi,M.Si. (0614107401|) dan Nur Rahmah, S.Pd (0621108302) |
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kemampuan Bahasa, Metode Scaffolding, Media Audiovisual. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:04 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:39 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |