Nadia, Nadia (2018) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK PENYAKIT DALAM DI RSUD KAB. MAGELANG. D3-D4 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Karya Tulis Ilmiah]
Preview
PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of Karya Tulis Ilmiah] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of Karya Tulis Ilmiah] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Karya Tulis Ilmiah] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)

Abstract

Pengukuran kepuasan pasien adalah salah satu pendekatan untuk
mengukur kualitas suatu pelayanan. Menyediakan pelayanan dengan kualitas yang
baik agar tercapainya kepuasan pasien adalah suatu strategi untuk kesuksesan
jangka panjang suatu rumah sakit. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian
untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah
Kab. Magelang ditinjau dari dimensi kemampuan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), berwujud (tangible),
mengetahui dimensi pelayanan mana yang perlu menjadi prioritas perbaikan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan cross
sectional pada pasien yang sedang berobat di instalasi rawat jalan rumah sakit
umum daerah Kab. Magelang melalui observasi dengan menyebarkan kuesioner
tertutup untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan adalah data
kuantitatif dan merupakan data primer. Jumlah sampel yang diperoleh berjumlah
109 sampel dengan metode purposive sampling. Teknik penentuan sampel
berdasarkan karakteristik tertentu yaitu usia 20-65 tahun. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa atribut pemetaan pada diagram cartesius mayoritas dari
Kuadran II di mana responden merasa puas dan menganggap penting pada
pernyataan tersebut, ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan obat di Instalasi
Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Magelang Periode Juni
2018 termasuk dalam kategori puas.

Item Type: Karya Ilmiah (D3-D4)
Pembimbing: Metty Azalea, S. Far., M. Sc., Apt. (0607038401) dan Herma Fanani Agusta, M.Sc., Apt. (0622088504)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, instalasi farmasi rumah sakit, kualitas pelayanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Farmasi (D-3)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 01:55
Last Modified: 05 Feb 2025 06:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item