Astuti, Yunita Puji (2018) BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN CBT TEKNIK “ COGNIT IV E R E S T RUC TUR ING ” UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KONFLIK SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas XI Mesin SMK Yudya Karya Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0075_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0075_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0075_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0075_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok
pendekatan CBT teknik “Cognitive Restructuring” untuk mengembangkan
kemampuan pengelolaan konflik sosial. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI
Mesin SMK Yudya Karya Magelang tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Subjek
penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 16
siswa, 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen dan 8 siswa masuk dalam
kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan skala pengelolaan konflik
sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Uji Mann
Whitney dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok pendekatan
CBT teknik “Cognitive Restructuring” efektif untuk mengembangkan
kemampuan pengelolaan konflik sosial. Hal ini dibuktikan dengan adanya
perbedaan skor rata-rata skala pengelolaan konfik sosial antara kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Semakin banyak peningkatan skor skala
pengelolaan konflik sosial maka kemampuan pengelolaan konflik sosial siswa
semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa keefektifan bimbingan
kelompok pendekatan CBT teknik cognitive restructuring dapat mengembangkan
kemampuan pengelolaan konflik sosial pada kelas eksperimen

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606) dan Dr. Riana Mashar,S.Psi,M.Si. (0614107401)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Cognitive Restructuring, Pengelolaan Konflik Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:33
Last Modified: 22 Jan 2025 06:30
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item