Baharsyah, Firman Amirudin (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT (Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0301.0060_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (979kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0060_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0060_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0060_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
terhadap peningkatan pemahaman studi lanjut siswa kelas VIII C SMP Negeri 2
Srumbung T.A. 2017/2018.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (pre eksperimental
design) dengan model One Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian dipilih
secara purposive sampling, sampel yang diambil sebanyak 10 orang siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket pemahaman studi lanjut.
Uji validitas instrumen angket pemahaman studi lanjut dengan menggunakan rumus
product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha
dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri
dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik
non parametrik yaitu uji Wilcoxon signed rank test dengan bantuan program SPSS
for Windows versi 22.00.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh positif
terhadap peningkatan pemahaman studi lanjut. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis
uji Wilcoxon signed rank test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,005<0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket
pemahaman studi lanjut antara pretest sebesar 110,4 dan postest sebesar 128,9. Hasil
dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bimbingan kelompok
berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman studi lanjut.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd (0008015701) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd (0626098401) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Pemahaman Studi Lanjut |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:33 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 01:15 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |