Latifah, Ulfa Nur (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING (Penelitian pada Siswa Kelas X IS1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0301.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (674kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0058_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0058_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan
teknik role playing untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying. Penelitian
dilakukan pada siswa kelas X IS 1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang T.A
2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan
satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 16 siswa, 8 siswa masuk dalam
kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi perlakuan (bimbingan
kelompok dengan teknik role playing ) dan 8 siswa masuk dalam kelompok
kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan
metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik yaitu uji
Anova (Analysis of Variance) dengan bantuan program SPSS for windows versi
22.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik
role playing berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman perilaku bullying. Hal
ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor skala pemahaman
perilaku bullying antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dimana
skor peningkatan kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok
kontrol. Hasil analisis parametrik menggunakan Uji Anova pada kelompok
eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,009< 0,05. Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role
playing berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying siswa
kelas X IS 1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang T.A 2018/2019.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd (0008015701) dan Paramita Nuraini, M.Pd., Kons. (0622128801) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing, Pemahaman Perilaku Bullying |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:26 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:29 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |