Asnan, Dwi Anif (2018) PELATIHAN STRATEGI SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR (Penelitian pada siswa kelas VIII D SMP N 3 Mertoyudan, Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0301.0023_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (866kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.002_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0023_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.002_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan self
regulated learning untuk mengurangi kesulitan belajar pada siswa, penelitian ini
dilakukanpada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Mertoyudan
Penelitian ini menggunakan one group pre test-post test design tanpa
menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol, populasi yang
digunakan siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Mertoyudan jumlah 32siswa,
sampel sebanyak 16 siswa, sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan
angket Kesulitan belajar. Teknik analisa data yang digunakan yakni ujipaired
sample t-tes.
Hasil penelitian di SMP 3 Mertoyudan menunjukkan bahwa self regulated
learning dalam pelatihan berpengaruh untuk mengurangi kesulitan belajar pada
siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan pengurangan kesulitan
belajar antara hasil pre-test dan post-test, dimana rata-rata hasil post-test74,69
atau 4% lebih rendah dibandingkan hasil pre-test 94,25 atau 39, 36% sebelum
mendapatkan pelatihan strategi self regulated learning. Selisih perbedaan
penurunan Kesulitan belajar tersebut sebesar 36 %.Selain itu pengurangan
kesulitan belajar padasiswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator nilai
di bawah rata-rata yang terdiri dari pengertian kesulitan belajar, bentuk,
penyebab, alasan dan dampakkesulitan belajar.Salah satunya adalah siswa yang
semula mengalami kesulitan belajar saat mengikuti kegiatan belajar mengajar
menjadi berkurang intensitasnya.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS (0002086001) dan Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) |
Uncontrolled Keywords: | pelatihanself regulated learning, kesulitan belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:37 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:55 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |