Riyadlussolikhin, Muchammad Eddytiya (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMK 17 Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bentuk prokrastinasi yang terjadi di lingkungan sekolah dikenal
dengan istilah prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik dianggap
sebagai perwujudan dari rendahnya self control pada diri siswa. Self control
pada diri siswa dianggap berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya
perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control untuk
mengurangi perilaku prokrastinasi akademik.
Desain penelitian yang digunakan yaitu pre test – post test group
design dengan satu perlakuan. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas XI
Akuntansi SMK 17 Magelang yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 8
siswa yang diberi perlakuan berupa konseling kelompok (kelompok
eksperimen), dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan sebagai pembanding
(kelompok kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis
data menggunakan analisis non parametrik, yaitu Mann Whitney dengan
bantuan software IBM SPSS for Mac versi 24.00.
Hasil analisis non parametrik menggunakan uji Mann Whitney
menunjukkan nilai U sebesar 58.5 dan nilai W sebesar 194.5 yang apabila
dikonversikan ke nilai Z maka besarnya adalah -2.623 dan selanjutnya
diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari probabilitas
0,05 (< 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat diartikan bahwa
terdapat perbedaan antara rata–rata skor skala perilaku prokrastinasi
akademik antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pengaruh
menurunnya perilaku prokrastinasi akademik dibuktikan dengan perbedaan
persentase penurunan skor skala prokrastinasi akademik yang lebih besar
antara kelompok eksperimen (26,62%) dengan kelompok kontrol (1,69%).
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Si., (0012045601) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd.,(0626098401) |
Uncontrolled Keywords: | layanan konseling kelompok, teknik self control, prokrastinasi akademik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:32 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 02:24 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |