Maulana, Vigor Salasa (2019) ANALISIS FAKTOR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK (Study Kasus Di PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Lumbung Artha Muntilanindo Muntilan – Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0101.0036 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0101.0036 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0101.0036 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0101.0036 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0101.0036 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (257kB) | Preview |
Abstract
Semakin ketatnya persaingan memperebutkan pasar perbankan, menyebabkan
usaha pemasaran bank semakin gencar dilakukan. Berbagai cara ditempuh
khususnya untuk sektor UMKM, yang menjadi segmen pasar bagi Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) khususnya BPR Lumbung Artha Muntilanindo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh diantara kualitas
pelayanan yang terdiri dari keandalan (reliability), daya tanggap (responsevness),
jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti fisik (tangible) secara bersamasama
terhadap kepuasan nasabah di BPR Lumbungartha Muntilanindo, Muntilan.
Data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 86 responden, yaitu nasabah PT.
BPR Lumbung Artha Muntilando. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan accidental sampling. Metode analisis data menggunakan uji
statistik deskriptif, uji kualitas data terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji
hipotesis menggunakan analisis linier berganda dengan program bantuan SPSS for
windows. Hasil uji menunjukkan bahwa secara simultan, keandalan, daya tanggap,
jaminan, empati dan buti fisik berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Untuk uji
secara parsial, hanya variabel jaminan dan bukti fisik yang berpengaruh positif
terhadap kepuasan nasabah PT. BPR Lumbung Artha. Sedangkan, keandalan,
daya tanggap dan empati menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap
kepuasan nasabah PT. BPR Lumbung Artha. Berdasarkan uji R square besarnya
Adjusted R2 sebesar 0,166, hal ini berarti bahwa kemampuan variabel keandalan,
daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dalam menjelaskan variasi variabel
kepuasan sebesar 16,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain
diluar model penelitian ini.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Dahli Suhaeli, M.M., (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Bukti Fisik, Kepuasan Nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 03 May 2019 08:10 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:05 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |