TORO, LUQMAN (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0006_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Al
Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan
siswa di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 2
Muntilan yang berjumlah 294 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 32
siswa yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk variable
pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan serta perilaku keberagamaan
siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif
dengan statistik. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Al Islam dan
Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan siswa,
menggunakan bantuan computer program SPSS for windows version 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Al Islam dan
Kemuhammadiyahan diperoleh frekuensi 26 dengan prosentase 81,25% yang
peneliti katagorikan baik. Perilaku keberagamaan siswa diperoleh frekuensi 20
dengan prosentase 52,50% yang peneliti kategorikan baik. Keefektifan
pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahn dalam meningkatkan perilaku
kebergamaan siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan diperoleh nilai correlation
sebesar 0,508 dengan prosentase 50,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berpengaruh dalam
perilaku keberagamaan siswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain,
meliputi: lingkungan dan pergaulan sesama teman.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag dan Istania Widayati, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:22
Last Modified: 17 Mar 2025 01:29
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item