TORO, LUQMAN (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0006_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (571kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Al
Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan
siswa di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 2
Muntilan yang berjumlah 294 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 32
siswa yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk variable
pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan serta perilaku keberagamaan
siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif
dengan statistik. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Al Islam dan
Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan siswa,
menggunakan bantuan computer program SPSS for windows version 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Al Islam dan
Kemuhammadiyahan diperoleh frekuensi 26 dengan prosentase 81,25% yang
peneliti katagorikan baik. Perilaku keberagamaan siswa diperoleh frekuensi 20
dengan prosentase 52,50% yang peneliti kategorikan baik. Keefektifan
pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahn dalam meningkatkan perilaku
kebergamaan siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan diperoleh nilai correlation
sebesar 0,508 dengan prosentase 50,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berpengaruh dalam
perilaku keberagamaan siswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain,
meliputi: lingkungan dan pergaulan sesama teman.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi, M.Ag dan Istania Widayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:22 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 01:29 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |