FUADHI, HAMDAN RIFQI (2020) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0012_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0401.0012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0401.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0401.0012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0012_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Pelaksanaan program
gerakan literasi sekolah (GLS) SMA Negeri 1 Muntilan, 2) Nilai karakter rasa
ingin tahu siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Muntilan pasca
pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, guru Bimbingan
Konseling, dan peserta didik atau siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti
merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan
pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik
yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, serta
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Program gerakan literasi
sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Muntilan yang sudah terlaksana dengan baik
telah memasuki literasi baru serta masuk dalam tahapan pengembangan, gerakan
literasi sekolah SMA Negeri 1 Muntilan dilaksanakan dengan 4 tahap, yaitu
pemberian tema, sesi presentasi, sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan sesi
diskusi.2) Nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran PAI di SMA
Negeri 1 Muntilan setelah mengikuti gerakan literasi sekolah mengalami adanya
peningkatan. Peningkatan nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran
PAI bisa dilihat dari sikap kritis siswa saat mengikuti pembelajaran

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati H, S.Pd.I., M.Pd.I.,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:45
Last Modified: 24 Feb 2025 04:15
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item