HERMAWAN, HELMI (2020) ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MI MA’ARIF DONOROJO KECAMATAN MERTOYUDAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0401.0004_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0004_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0004_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0004_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0401.0004_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (464kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek Pendidikan Agama
Islam yang diajarkan dalam kegiatan pramuka di MI Ma‟arif Donorojo Kecamatan
Mertoyudan, untuk mengetahui hambatan aspek-aspek Pendidikan Agama Islam
dalam kegiatan pramuka di MI Ma‟arif Donorojo Kecamatan Mertoyudan, dan untuk
mengetahui solusi dari hambatan aspek-aspek Pendidikan Agama Islam dalam
kegiatan pramuka di MI Ma‟arif Donorojo Kecamatan Mertoyudan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti tentang aspekaspek
Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan pramuka. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan
menggunakan analisis kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek Pendidikan Agama Islam
yang diajarkan dalam kegiatan pramuka di MI Ma‟arif Donorojo diantaranya alqur‟
an hadis, akidah akhlak, dan fikih. Hambatan aspek-aspek Pendidikan Agama
Islam dalam kegiatan pramuka di MI Ma‟arif Donorojo yang utama adalah
keterbatasan sumber daya manusia. Guru MI Ma‟arif Donorojo tidak ada yang
menjadi pembina pramuka. Semua pembina pramuka didatangkan dari pihak
eksternal, jumlah pembina pramuka terbatas sampai sekarang baru memiliki 5 orang
pembina pramuka dengan jumlah peserta didik 166 dari kelas 3, 4, dan 5. Selain itu
perlu tambahan waktu pembelajaran al-qur‟an bagi yang belum bisa membaca.
Perilaku peserta didik belum sesuai harapan apa yang sudah diajarkan di sekolah
namun masih ada beberapa yang berbicara kurang sopan terhadap pembina pramuka.
Kemudian pada saat shalat berjamaah beberapa peserta didik masih ada yang ramai.
Solusi dari hambatan aspek-aspek Pendidikan Agama Islam yang diajarkan dalam
kegiatan pramuka di MI Ma‟arif Donorojo dengan panduan buku SKU peserta didik
dapat memahami buku tersebut dengan bimbingan pembina pramuka seperti
pembelajaran al-qur‟an hadis, diberikan pelajaran tambahan untuk peserta didik yang
belum bisa membaca. Akidah akhlak diajarkan dengan cara menanamkan sikap baik
perilaku peserta didik sesuai dengan pedoman tuntunan Agama Islam. Sedangkan
fikih diajarkan dengan cara pembina pramuka berusaha untuk menegur dan
memberikan arahan pembiasaan ketika menjalankan shalat berjamaah. Selain itu
bekerja sama dengan Perguruan Tinggi dan Dewan Kerja Ranting Mertoyudan untuk
mengatasi keterbatasan sumber daya manusia.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Irham Nugroho, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:43 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 04:15 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |