HIDAYAH, ISMI RETNO (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAAN AGAMA ISLAM SD N GULON I SALAM. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0071_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0071_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0071_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0071_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0071_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar dan
dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam SDN Gulon
I Salam.
Populasi penelitian ini ada 215 siswa SD Negeri Gulon I Salam. Sedangkan
sampel penelitian ini kelas 4 berjumlah 24 anak. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk
mengungkapkan variabel minat belajar pendidikan agama islam, dan dukungan
orang tua dan metode dokumentasi untuk mengetahui variabel prestasi belajar
pendidikan agama islam siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
teknik analisis regresi berganda. Untuk mengetahui pengaruh minat belajar
pendidikan agama islam dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar
pendidikan agama islam digunakan bantuan komputer program SPSS 20 for
windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar pendidikan agama islam siswa
dalam kategori tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban tertinggi
responden dalam kategori tinggi yaitu sebesar 58.3%. Dukungan orang tua siswa
dalam kategori sedang , yang dibuktikan dengan jawaban sedang responden dalam
kategori sedang yaitu sebesar 50%. Prestasi belajar pendidikan agama islam siswa
dalam kategori tinggi, yang dibuktikan dari hasil nilai akhir pendidikan agama
islam dalam rapor yang diketahui nilai terendah siswa 61 dan nilai tertinggi siswa
90 serta nilai rata-rata siswa dari hasil prestasi belajar pendidikan agama islam
yaitu 78.45. Dari hasil analisis diperoleh koefisien variabel minat belajar
pendidikan agama islam 1.970 dengan nilai probabilitas 0.000 kurang dari 0.05.
Hal itu menunjukkan bahwa ada hubungan minat belajar pendidikan agama islam
dengan prestasi belajar pendidikan agama islam. Hasil analisis regresi diperoleh
koefisien variabel dukungan orang tua 0.275 dengan nilai probobilitas 0.026 krang
dari 0.05. Hal itu menunjukkan bahwa ada hubungan dukungan orang tua dengan
prestasi belajar pendidikan agama islam. Analisis regresi yang diperoleh F hitung
sebesar 234.018 dengan tingkat probobilitas 0.000 kurang dari 0.05 yang
menunjukkan adanya hubungan. Jadi semakin tinggi minat belajar pendidikan
agama islam siswa dan semakin baik dukungan orang tua maka prestasi belajar
pendidikan agama islam siswa semakin meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Imron, MA dan Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:36
Last Modified: 25 Feb 2025 06:32
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item