ULINUHA, MUCHAMAD (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI BANYUSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (951kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motode pembelajaran
Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar mapel Pendidikan Agama
Islam materi pokok Teladan Kisah Nabi Muhammad SAW semester ganjil
kelas V di SD Negeri Banyusari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang
Tahun Ajaran 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
Banyusari Kecamatan Grabag pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020 dengan
jumlah peserta didik 136 orang. Adapun dsmpel penelitian ini berjumlah 30
siswa. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap pada setiap siklusnya, Yakni
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, pengamatan, dan
dokumentasi.Sedangkan hasil analisis data dihitung secara kuantitatif dengan
menggunakan rumus persentasi yang disebut percenteges correction. Indikator
hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu
dan klasikal. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan metode :
observasi, dokumentasi dan tes evaluasi, dan LKS (lembar kerja siswa). Data
hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan anlisis deskriptif untuk
menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan
untuk menggambarkann keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan
motode pembelajaran Snowball Throwing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa melalui
metode pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatkan hasil
belajar, khususnya pada materi pokok Teladan Kisah Nabi Muhammad SAW
pada siklus I diperoleh nilai rata – rata kelas 84 dengan ketuntasan belajar
86,67%. Aktivitas belajar antar siswa 79,1% dan aktivitas belajar siswa dengan
guru sebesar 90% dan meningkat menjadi 97 dengan ketuntasan belajar 100%.
Aktivitas belajar antar siswa 94% dan aktivitas belajar siswa dengan guru
96,41% pada siklus II . Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
nilai rata – rata kelas dari 84 menjadi 97 serta ketuntasan belajar klasikal dari
siklus I dan siklus II sebesar 13,33%. Sehingga tidak perlu dilakukan siklus III.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:33 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:30 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |