Wahyuni, Septi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA SISWA DI SD N BENINGAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0401.0056_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.pdf - Published Version Download (570kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0056_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0056_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0401.0056_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0401.0056_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (62kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media kartu huruf
dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyyah siswa kelas dua
SD Negeri Beningan.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Beningan
sebanyak 12 siswa.Penelitian ini menggunakan metode classroom action
research dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan perenungan atau refleksi. Data
diperoleh melalui metode observasi, dokumentasi dan angket. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan mean different dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar membaca huruf
hijaiyyah siswa kelas 2 SD Beningan setelah menggunakan media kartu huruf
mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebelum diterapkan tindakan, dari 12
siswa yang belum mencapai KKM dalam membaca huruf hijaiyyah sebanyak
10 siswa (83,33%) dengan nilai rata-rata 18,11 dan siswa yang mencapai
KKM sebanyak 2 siswa (16,67%) dengan nilai rata-rata 87,66. Pada siklus I
setelah diterapkan tindakan siswa yang mencapai KKM mengalami
peningkatan menjadi 6 siswa (50%) dengan nilai rata-rata 84,56, sedangkan
yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 6 siswa (50%) dengan nilai
rata-rata 61,89. Pada siklus II hasil belajar membaca huruf hijaiyyah semakin
meningkat terbukti semua siswa telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata
92,99.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati, M.Pd.I. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:32 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:13 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |