Nurohmah, Sarifah (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (711kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (413kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Konseling Kelompok
Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
kelas IX A MTs Muhammadiyah Srumbung Kabupaten Magelang Tahun Ajaran
2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis
penelitian ini adalah pre experimental (eksperimen semu) dengan rancangan
penelitian one group pretest posttest design. Adapun teknik pengambilan sampel
berdasar dengan teknik non random. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas
IX A sejumlah 22 siswa. Sedangkan sampel penelitian yang diambil sebanyak 6
siswa dengan kategori motivasi belajar rendah dan sedang. Metode pengumpulan
data menggunakan instrument berupa angket motivasi belajar. Adapun uji
validitas instrumen angket motivasi belajar dengan menggunakan rumusproduct
moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha
dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16. Uji prasyarat analisis terdiri
dari uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan analisis data menggunakan
statistic non parametricdengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan
program SPSS for Windows versi 16.
Hasil Penelitian di MTs Muhammadiyah Srumbung Kabupeten Magelang
menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management
memiliki efektifuntuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan
dengan perbedaan skor post test yang lebih tinggi dibandingkan dengan skor pre
test sebelum diberikan perlakuan. Hasil analisis statictic non parametric
menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan nilai Sig 0,028< 0,05.
Terdapat rata-rata peningkatan skor sebanyak 28% pada kelompok eksperimen.
Hasil dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan
teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. H.Subiyanto, M.Pd dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Self Management, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 02 May 2019 09:35 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 02:40 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |