Khabib, Firda Latifah (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok
menggunakan pendekatan realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini
dilakukan pada kelas IX D SMP Muhammadiyah Tempuran Kabupaten Magelang tahun ajaran
2018/2019.
Penelitian ini menggunakan one group pretest-postest design. Pengukuran dilakukana
dengan skala motivasi belajar yang diberikan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 7 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingdengan kriteria yang memiliki
motivasi belajar rendah.Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket.
Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxonsigned rank test.
Kesimpulan hasil penelitian ini menuunjukan bahwa konseling kelompok menggunakan
pendekatan realita mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji
wilcoxon dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,028 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan hasil skor pretest-postest sebesar 13,85 atau 13,81%. Hasil
dari penelitian ini disimpulkan bahwa konseling kelompok menggunakan pendekatan realita
efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas IX D SMP Muhammadiyah
Tempuran Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Dewi Liana Sari, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:33
Last Modified: 13 Feb 2025 06:56
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item