Rohani, Lasi (2019) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan
kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan perilaku sosial anak
usia dini. Penelitian dilakukan pada kelompok TPA di PAUD IT ASY-SYAFFA‟
2 Kota Magelang T.A 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra eksperimen dengan
model pretest-posttest one group design. Subyek penelitian dipilih secara random
sampling. sampel yang diambil sebanyak 10 anak untuk yang akan mendapatkan
perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan bantuan spss (Statistical package for the social
science)versi 16.0 for windows. Teknik analisis data dengan menggunakan
analisis parametric Uji Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok
dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan perilaku sosial anak usia
dini. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perilaku sosial anak usia dini
sebelum dan setelah diberikan tindakan bimbingan kelompok. Peningkatan skor
tertinggi adalah 16 atau sekitar 66 % dan skor terendah sebesar 9 atau sekitar
37%, rata-rata peningkatan skor sebesar 12,6 atau 52%. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa perilaku sosial yang terbentuk adalah disiplin, tolong
menolong, kerjasama, empati dan bertanggung jawab.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof.Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons, dan Dewi Liana Sari, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok teknik Role Playying, Perilaku Sosial, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:31
Last Modified: 02 May 2019 09:31
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item