Ade Ciyawati, Kewes (2020) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPPING DAN HOME WORK ASSIGMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF SISWA (Penelitian pada siswa kelas X SMK N 1 Samigaluh). S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0008_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0008_FULLTEXT...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0008_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok
pendekatan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) dengan teknik thought stopping
dan home work assignment untuk mengurangi perilaku siswa. Penelitian
dilakukan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Samigaluh.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dengan model
Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Subjek penelitian dipilih
secara cluster sampling. Sampel yang diambil sebanyak 16 orang siswa terdiri dari
8 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan teknik thought
stopping dan 8 siswa sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan
taknik home work assignment. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
angket perilaku konsumtif. Teknik analisis data menggunakan ANOVA (Analysis
of Variance) dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan
teknik thought stopping dan home work assignment efektif untuk mengurangi
perilaku konsumtif siswa. Hal ini dibuktikan adanya perbedaan penurunan
perilaku konsumtif siswa antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok
eksperimen 2. Hasil uji Statistic Parametric One Way Anova menunjukkan
p=0,000 < 0,05, hasil probabilitas menunjukkan kurang dari 0,05 maka Ho
ditolak. Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan persentase penurunan skor
posttest kelompok eksperimen 1 (22,02%) dan skor posttest kelompok eksperimen
2 (43,43%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan
teknik home work assignment lebih efektif mengurangi perilaku konsumtif siswa
dibandingkan dengan konseling kelompok dengan teknik thought stopping.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar. M. Si.,Kons. dan Hijrah Eko Putro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT), Teknik Thought Stopping, Teknik Home Work Assignment, Perilaku Konsumtif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:53
Last Modified: 17 Feb 2025 01:54
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item