Sahli, Muhammad (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KARIR BAGI SISWA YANG MEMILIKI PEMAHAMAN KARIR RENDAH (Penelitian pada siswa kelas X.D Teknik Mesin SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0301.0030_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (584kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0030_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0030_FULLTEXT..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0030_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0301.0030_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (174kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
dengan media Audio Visual terhadap peningkatan pemahaman karir bagi siswa yang
memiliki pemahaman karir rendah kelas X D teknik mesin SMK Purnama Tempuran
Kabupaten Magelang .
Desain penelitian ini menggunakan one group design pretest posttest. Subjek
penelitian ini populasinya adalah siswa kelas X D teknik mesin SMK Purnama
Tempuran. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas X D teknik mesin SMK
Purnama Tempuran. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan angket pemahaman karir. Teknik analisis
data menggunakan uji-t analisis Paired Sample T test dengan bantuan program SPSS
for windows versi 20.00.
Kesimpulan hasil penelitian bahwa bimbingan kelompok dengan media
“audio visual” berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman karir bagi siswa yang
memiliki pemahaman karir rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor
rata-rata skala pemahaman karir kelompok eksperimen. Hasil peningkatan skor pretest
dan posttest skor tertinggi sebesar 33 atau (23,40%) dan terendah sebesar 5 atau
(3,85%). Rata-rata pemahaman karir siswa pretest dan posttest sebesar 21,875 atau
(15,74%). Semakin banyak peningkatan skor skala pemahaman karir siswa maka
pemahaman karir siswa semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh
bimbingan kelompok dengan media “audio visual” dapat meningkatan pemahaman
karir siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M. Pd., Kons., dan Paramita Nuraini, M.Pd., Kons |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Audio Visual, Pemahaman Karir Siswa Rendah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:52 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:22 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |