Widan K, Restu (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI SD NEGERI MENAYU 1 (Penelitian pada Kelas III dan V, di Sekolah Dasar Negeri Menayu I, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang ). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0009_Bab I_Bab II_Bab III_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0009_Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0009_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0009_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0009_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version Download (842kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan
karakter cinta tanah air di SD Negeri Menayu 1, yang dilihat dari berbagai aspek
yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan,evaluasi, dan juga mengetahui hambatan
dan dukungan apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter di
SD Negeri Menayu 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian
adalah SD Negeri Menayu 1 dan objek penelitian adalah karakter cinta tanah air,
narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas V, Guru
Kelas III, dan perwakilan siswa kelas III dan V. Pengumpulan data penelitian
menggunakan wawancara, informan, observasi, dan studi dokumen. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik
analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri Menayu 1 telah
mengimplementasikan pendidikan karakter cinta tanah air dengan baik melalui
pembelajaran, budaya sekolah dan pengembangan diri siswa, dalam bentuk
kegiatan dan program sekolah atau kelas yang berjalan dengan baik dan rutin
dilaksanakan, hal tersebut tampak dari berbagai kegiatan yang bisa diikuti siswa
dalam mendukung terbentuknya karakter cinta tanah air seperti ekstrakurikuler
drumband, pencak silat dan Pramuka. Kepedulian sekolah dalam pembentukan
karakter cinta tanah air juga dilihat melalui diadakanya berbagai kegiatan untuk
memperingati hari besar nasional. Di dalam kelas guru mengenalkan salam PPK
yang berisi 5 pilar penting karakter yang harus dimiliki siswa yaitu religius,
nasionalis, mandiri, gotong – royong, dan integritas
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Sugiyadi, M.Pd.Kons. dan Rasidi, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, cinta tanah air |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:45 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:40 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |