Mahfudh, Husaeni (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kaloran, Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0031_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (660kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0031_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (367kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan
teknik Reframing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Kaloran Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain
penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Subjek penelitian
dipilih secara Purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 8 siswa sebagai
kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala motivasi
belajar siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis parametric
yaitu uji Paired sample t-test dan Independent sample t-test dengan bantuan program
SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik
Reframing berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini
dibuktikan dengan hasil uji Paired sample t test kelompok eksperimen dengan
probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan analisis rata-rata perubahan
meningkat sebesar 26,2% yang termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno dan M.Si Sugiyadi, M.Pd. Kons |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Token Reframing, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:36 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:25 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |