Ari Saputra, Yogie Wahyu (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0045_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0045_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bimbingan kelompok teknik reinforcement
positif dan self management terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang.
Penelitian ini menggunakan desain randomized pretest-posttest comparison group
design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa dengan pembagian 8
siswa sebagai kelompok eksperimen 1 dan 8 sebagai kelompok eksperimen 2. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan skala konsentrasi belajar. Metode analisis data yang
digunakan yaitu analisis parametrik One Way Anova.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok model behavioral teknik
reinforcement positif dan self management dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji anova dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,00 <
0,05. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pre-test dan post-test pada kedua
kelompok eksperimen, dimana rata-rata peningkatan skor pre test dan post test kelompok
eksperimen 1 sebesar 23,49% dan kelompok eksperimen 2 sebesar 14,01%. Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok model behavioral teknik
reinforcement positif dan self management berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. M. Japar M.Si.,Kons dan Dewi Lianasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik reinforcement positif dan self management, konsentrasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:29
Last Modified: 19 Feb 2025 03:03
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item