Fauzi, Nurman (2020) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK CBT (Cognitive Behaviour Therapy) MELALUI TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI PERILAKU TERLAMBAT SEKOLAH (Penelitian pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Candimulyo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0056_BAB I _BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0056_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0056_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0056_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0056_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan konseling
kelompok pendekatan CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk
mereduksi perilaku terlambat sekolah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas
XI SMA Negeri 1 Candimulyo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan
konseling (PTBK) melalui 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI yang berjumlah 14 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan
cara membandingkan antara data pra siklus, siklus 1, dan siklus 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian teknik restrukturisasi
kognitif mampu mereduksi perilaku terlambat sekolah dengan penghitungan
frekuensi dan skor aspek/indikator perilaku terlambat sekolah pada saat pra siklus
masih tinggi, dan setelah diadakan 2 siklus frekuensi perilaku terlambat sekolah
berhasil direduksi sebesar 53,5 %, dan skor aspek/indikator perilaku terlambat
sekolah berhasil direduksi sebesar 24,8 % . Hasil dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa konseling kelompok CBT dengan teknik restrukturisasi
kognitif dapat mereduksi perilaku terlambat sekolah pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. M. Japar M.Si.,Kons dan Drs. Arie Supriyatno, M.Si.
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, teknik restrukturisasi kognitif, perilaku terlambat sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:25
Last Modified: 24 Feb 2025 02:49
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item