Hastutiningsih, Dwi Utami (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY BERBASIS CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok
Cognitive Behavioral Therapy berbasis Cinematherapy untuk meningkatkan
SIKAP prososial siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo.
Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi
Eksperimental Design) dengan model Nonequivalent Control Group Design.
Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil
sebanyak 16 orang siswa terdiri dari 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa
kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan angket sikap
prososial dan wawancara. Uji validitas instrumen angket sikap prososial dengan
menggunakan rumus product momet sedangkan uji reliabilitas menggunakan
rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for Windows versi 23.0. Analisis
data menggunakan teknik Statistic non Parametric dengan uji Mann Whitney
dibantu program SPSS for Windows versi 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok Cognitive
Behavioral Therapy berbasis Cinematherapy efektif untuk meningkatkan sikap
prososial siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon pada
kelompok eksperimen dengan probabilitas asymp. Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata
angket SIKAP prososial antara kelompok eksperimen sebesar 33,40 dan
kelompok kontrol sebesar -0,25. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan konseling kelompok Cognitive Behavioral Therapy berbasis
Cinematherapy efektif untuk meningkatkan sikap prososial siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar M.Si., Kons., dan Sugiyadi M.Pd., Kons. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy, Cinematherapy, Sikap Proosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:23
Last Modified: 12 Feb 2025 07:44
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item