Hastutiningsih, Dwi Utami (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY BERBASIS CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (749kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (163kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok
Cognitive Behavioral Therapy berbasis Cinematherapy untuk meningkatkan
SIKAP prososial siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo.
Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi
Eksperimental Design) dengan model Nonequivalent Control Group Design.
Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil
sebanyak 16 orang siswa terdiri dari 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa
kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan angket sikap
prososial dan wawancara. Uji validitas instrumen angket sikap prososial dengan
menggunakan rumus product momet sedangkan uji reliabilitas menggunakan
rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for Windows versi 23.0. Analisis
data menggunakan teknik Statistic non Parametric dengan uji Mann Whitney
dibantu program SPSS for Windows versi 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok Cognitive
Behavioral Therapy berbasis Cinematherapy efektif untuk meningkatkan sikap
prososial siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon pada
kelompok eksperimen dengan probabilitas asymp. Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata
angket SIKAP prososial antara kelompok eksperimen sebesar 33,40 dan
kelompok kontrol sebesar -0,25. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan konseling kelompok Cognitive Behavioral Therapy berbasis
Cinematherapy efektif untuk meningkatkan sikap prososial siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar M.Si., Kons., dan Sugiyadi M.Pd., Kons. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy, Cinematherapy, Sikap Proosial. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 02 May 2019 09:23 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:44 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |