Wahyuning, Septiananda (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK HUMANISTIK DENGAN TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING DAN CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa SMP Negeri 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_BAB I_BAB II _BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (659kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (489kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok
humanistik dengan teknik experiential learning dan client centered untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni mengunakan Pretest-
Post test Comparison Group Design. Subjek penelitian dipilih secara acak. Sampel
yang diambil sebanyak 12 siswa terdiri dari 6 siswa kelompok eksperimen dengan
teknik experiential learning dan 6 siswa kelompok eksperimen dengan teknik client
centered. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket percaya
diri. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan
analisis Statistic Parametric One Way Anova dengan bantuan SPSS For Windows
versi 24.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok humanistik dengan
teknik experiential learning dan client centered berpengaruh untuk meningkatkan
kepercayaan diri Hal ini dibuktikan dari hasil uji Statistic Parametric One Way
Anova dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket percaya diri antara
kelompok eksperimen dengan teknik experiential learning sebesar 43,38% dan
kelompok eksperimen dengan teknik client centered sebesar 30,22%. Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan penggunaan konseling kelompok humanistik dengan
teknik experiential learning lebih berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri
siswa dibandingkan dengan teknik client centered.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons dan Paramita Nuraeni, M.Pd., Kons. |
Uncontrolled Keywords: | experiential learning, client centered, dan kepercayaan diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:19 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:17 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |