Setiyono, Budi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pejengkolan Kabupaten Kebumen). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0103_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (978kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0103_BAB IV..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0103_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0103_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0103_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (392kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA
melalui pembelajaran Contextual Theaching and Learning (CTL) di SD Negeri
Pejengkolan Kabupaten Kebumen.
Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus
dimana setiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas
IV yang berjumlah 17 siswa. Variabel terikat dalam penelitian terdiri dari hasil
belajar IPA dan variabel bebas pembelajaran Contextual Theaching and Learning
(CTL). Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan observasi.
Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran
Contextual Theacing and Learning (CTL) dapat dilaksanakan melalui langkahlangkah:
konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan,
refleksi, penilaian sebenarnya. (2) penggunaan model pembelajaran Contextual
Theacing and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas
IV materi sifat-sifat cahaya. Hasil peningkatan mulai dari pratindakan dengan
rata-rata nilai 60,29 dengan yang tuntas 3 anak, sedangkan siklus I rata-rata nilai
69,30 dengan yang tuntas 10 anak dan siklus II rata –rata nilai 78,64 dengan yang
tuntas 15 anak. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan
pembelajaran melalui Contextual Theaching and Learning (CTL) di SDN
Pejengkolan Kabupaten Kebumen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
IV SDN Pejengkolan materi sifat-sifat cahaya.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si., dan Rasidi, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPA, Contextual Teaching and Learning (CTL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:08 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 07:44 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |