Fadhilah, Nurul (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BOLA ENAK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI (Penelitian pada Anak Kelompok B TK IT Al Huda Seneng, Banyurojo Kec Mertoyudan, Kab. Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0304.0035_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0304.0035_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0304.0035_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0304.0035_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0304.0035_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
bola ENAK terhadap kemampuan berfikir simbolik anak usia dini kelompok B
TK IT Al Huda, Seneng, Banyurojo Kec Mertoyudan, Kab. Magelang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasieksperimental)
dengan model Pretest-Posttes Control Group Design dan variabel
dependennya kemampuan berfikir simbolik anak serta variabel independennya
adalah media pembelajaran bola ENAK. Subjek Penelitian dipilih dengan teknik
Purposive Sampling. Sampel yang diambil 46 anak terdiri dari 23 anak kelompok
kontrol dan 23 anak kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes dengan membagi instrumen lembar tes yang kemudian diisi oleh
anak. Uji analisis data menggunakan teknik non parametrik uji Mann-Whitney
dengan bantuan komputer software SPSS IBM 20.0 for windows.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran bola ENAK berpengaruh terhadap kemampuan berfikir simbolik
anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil kemampuan anak
sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa media pembelajaran bola ENAK.
Berdasarkan hasil nilai minimum dan maksimum pengukuran awal kemampuan
berfikir simbolik anak usia dini rata-rata kelompok eksperimen adalah 17,04 ,
sedangkan kelompok kontrol adalah 17,13. Hasil pengkuran akhir kemampuan
berfikir simbolik anak menunjukkan bahwa rata-rata kelompok eksperimen adalah
41,39 sedangkan kelompok kontrol 24,91. Uji mann-whitney pada pengukuran
akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memberikan nilai Asymp. Sig
(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan
berfikir simbolik anak sebelum pengukuran awal (pretest) dengan sesudah
pengukuran akhir (posttest) secara signifikan. Sehingga dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran bola ENAK terhadap
kemampuan berfikir simbolik anak usia dini

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons dan Febru Puji Astuti, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran bola ENAK, Kemampuan berfikir simbolik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:06
Last Modified: 21 Feb 2025 06:37
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item