Istiyani, Ika (2020) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN ASMAUL HUSNA (Penelitian pada Siswa Kelompok B Kelompok Bermain Budi Asih Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang) Ika Istiyani. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0304.0025_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (936kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0304.0025_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0304.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0304.0025_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0304.0025_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi
terhadap peningkatan hafalan asmaul husna anak pada anak kelompok B
Kelompok Bermain Budi Asih Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten
Magelang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan eksperimen dengan jenis
One Group Pretest-Postest Design dengan melakukan pengukuran awal dan
pengukuran akhir. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B
Kelompok Bermain Budi Asih Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten
Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 17 anak, teknik sampling
menggunakan sampling total. Penelitian ini menggunakan instrumen dengan 3
item indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah nonparametrik dengan
uji Wilcoxon Ranks Test menggunakan bantuan SPSS for windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi berpengaruh
terhadap peningkatan hafalan asmaul husna anak usia dini. Hal ini dibuktikan
dengan hasil uji wilcoxon rank test diperoleh nilai t sebesar -3.624 dengan tingkat
signifikasi (a) 0,05 sedangkan statistik tabel 0. Hasil perhitungan SPSS terlampir.
Berdasarkan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir diketahui bahwa
hafalan asmaul husna pada anak mengalami perbedaan skor rata-rata setelah
diberikan perlakuan menggunkan metode bernyanyi. Hasil demikian dapat
dikatakan bahwa metode bernyanyi berpengaruh terhadap peningkatan hafalan
asmaul husna anak. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “Metode
Bernyanyi Berpengaruh Terhadap Peningkatan Hafalan Asmaul Husna Anak”,
terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Hermahayu, M.Si. dan Khusnul Laely, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Bernyanyi, Hafalan Asmaul Husna |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 03:40 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 06:36 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |