Pradita Rahayuningtyas, Rilis (2020) HALAMAN SAMPUL PENGARUH MASTERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI PERKALIAN BILANGAN BULAT (Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Negeri Medari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0039_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0039_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0039_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0039_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0039_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mastery Learning berbantuan media pohon pintar terhadap hasil belajar operasi perkalian bilangan bulat peserta didik kelas II SD Negeri Medari Kecamatan Ngadirejo Kabupten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Pre-Experimental Design dengan model One group pretest-posttest design. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 30 peserta didik. Metode pngumpulan data dilakukan menggunakan tes. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Analisis data menggunakan teknik statistik uji-t. Pengujian ini dilakukan dngan menggunakan analisis One Sample T Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mastery Learning berbantuan media pohon berpengaruh positif terhadap hasil belajar operasi perkalian bilangan bulat. Hal ini dibuktikan dari analisis uji One Sample T Test pada peserta didik dengan nilai 0,000<0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar yaitu pretest sebesar 55,5 dan posttest sebesar 81,5. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bawa peggunaan pembelajaran Mastery Learning berbantuan media pohon pintar berpengaruh positif terhadap hasil belajar operasi perkalian bilangan bulat

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Ari Suryawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Mastery Learning, Media Pohon, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:19
Last Modified: 07 Mar 2025 06:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item