Kalingga Astriyanto, Febri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIMA PANDAWA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WAYANG PADA SISWA (Penelitian Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas IV Sriwedari 2 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0186_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0186_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0186_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0186_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0186_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan (1) karakteristik, (2)
kevalidan dan (3) keefektifan media pembelajaran BIMA PANDAWA. Penelitian
dilakukan pada siswa kelas IV SDN Sriwedari 1 & 2.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development, desain
penelitian yang mengacu Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah. Sehingga
desain penelitian ini terdiri dari pleminary study, develop preliminary model,
pleminary field testing, main product revision, main fielding testing, operational
product, operasional product revision, operational field testing final product
revision dan diseminasi and implementation. Namun pada penelitian ini hanya
sampai pada tahap ke delapan dengan dasar pada pernyataan Borg and Gall
tertuang dalam Emzir (2013 :217) yang menyatakan bahwa penelitian dalam
rangka syarat kelulusan disarankan untuk membatasi penelitian dan
pengembangan dalam skala kecil.
Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran BIMA PANDAWA
valid, layak dan efektif digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil kevalidan yang
dinilai oleh validasi ahli untuk media pembelajaran dari aspek materi 90% (sangat
valid), validasi untuk media dari aspek desain mendapat skor 87,2 % (sangat
valid) dan validasi perangkat pendukung pembelajaran mendapatkan skor rata –
rata 90% (sangat valid). Hasil analisis uji Anova posttest pada kelas eksperimen
dan kontrol memiliki sig. 0,002 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang
siginfikan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati M.S,Kons dan Galih Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran BIMA PANDAWA, pemahaman wayang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:16
Last Modified: 27 Feb 2025 01:21
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item