Muhlisin, Muhlisin (2019) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ BAB I _ BAB II _ BBA III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Konseling kelompok
dengan teknik Psikodrama untuk mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik
Siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Kota
Magelang T.A 2018/2019.
Pra Eksperimen merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini,
desain penelitian yang digunakan ialah “pretest posttest one group design”.
desain tersebut merupakan desain eksperimen yang hanya menggunakan satu
kelompok sampel dengan jumlah anggota yang diambil sebanyak 8 siswa, serta
melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada sampel.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan
secara kuantitatif dengan menggunakan analisis non parametric menggunakan uji
Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik
psikodrama ini berpengaruh untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Hal
ini dibuktikan dari hasil negative ranks adalah 36,00 dan untuk hasil positive
ranks adalah 0,00 dengan demikian nomor urut dengan jumlah terkecil atau W
hitung = 0. Hal tersebut menunjukan adanya penurunan perilaku prokrastinasi
siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, maka hipotesis yang didapatkan
yaitu adanya pengaruh konseling kelompok dengan teknik psikodrama untuk
menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan teknik two
related sample untuk memperkuat Ha, hasilnya pengujian hipotesis dapat dilihat
hasil analisis tersebut menunjukan bahwa nilai Asymp Sig (2- tailed) adalah 0,012
penguji hipotesis berdasarkan tabel diatas yaitu masuk pada kriteria nilai Asymp
Sig (2- tailed) < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima. Dan adanya perbedaan skor
rata-rata dari hasil pre-test sebesar 163,88 denagan rata-rata hasil post-test sebesar
122,25 yang artinya hasil tersebut menujukan bahwa pemberian perlakuan berupa
konseling kelompok dengan teknik psikodrama berpengaruh untuk menurunkan
prilaku prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Hijrah Eko Putro, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Psikodrama, Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:18
Last Modified: 19 Feb 2025 03:06
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item