NURVITA SARASWATI, LIA (2020) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PAPIALO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gandurejo Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0141_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0141_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0141_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0141_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0141_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Think Pair Share
berbantuan media PAPIALO terhadap keterampilan menulis aksara Jawa siswa
kelas IV SD Negeri 1 Gandurejo Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan
menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan
sampel menggunakan sampel jenuh, karena jumlah siswa pada satu kelas kurang
dari 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan unjuk kerja.
Uji validitas instrumen tes dan obsevasi menggunakan rumus product moment
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan
SPSS for windows versi 22. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji
homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji
hipotesis one way anova dengan bantuan SPSS for windows versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair
Share berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa.
Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji one way anova pada kelas eksperimen
yang mana pada tes memiliki probabilitas nilai sig 0,05, = 41.628 >
(3;84) sebesar 2,71. Sedangkan pada hasil unjuk kerja diperoleh probabilitas nilai
sig 0,05 = 50.400 > (3;84) sebesar 2,71. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai tes dan unjuk kerja antara kelompok
ekperimen memiliki nilai tes 86,7 dan kelompok kontrol sebesar 82,6. Sedangkan
pada unjuk kerja kelompok eksperimen memiliki nilai 81,1 dan pada kelompok
kontrol memiliki nilai 79,7. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model Think Pair Share berbantuan media PAPIALO berpengaruh
positif terhadap keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Galih Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share berbantuaan Media PAPIALO, Keterampilan Menulis Aksara Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:13
Last Modified: 06 Mar 2025 06:21
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item