Indira Aliffiana, Nisa (2020) PENGARUH MODEL TANDUR BERBANTUAN LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI WAYANG PANDHAWA (Penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1 Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0124_BABI _BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (996kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0124_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0124_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0124_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0124_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Tandur
berbantuan LKS Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Keaktifan Siswa Pada
Materi Wayang Pandhawa Kelas IV Di SDN Pasuruhan 1. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian Quasi Experiment, dengan desain non equivalent
control group design. Penelitian ini dilakukan 6 kali perlakuan, yaitu diberikan
perlakuan melalui pembelajaran di dalam kelas. Sampel yang diambil sebanyak
34 siswa yang terdiri dari 17 siswa pada kelompok eksperimen dan 17 siswa pada
kelompok kontrol.
Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu variabel terikat
yang berupa keaktifan Siswa Pada Materi Wayang Pandhawa Kelas IV di SDN
Pasuruhan 1 serta variabel bebas yang berupa pengaruh Model Tandur
berbantuanLKS berbasis Multiple Intelligence pada materi Wayang Pandhawa.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan instrumen
pengumpulan data yaitu lembar observasi keaktifan siswa. Metode analisis data
menggunakan uji one way anova dengan bantuan SPSS 23.00 for windowsdengan
membandingkan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir.
Model Tandur berbantuanLKS Berbasis Multiple Intelligence ini
berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada materi wayang pandhawa kelas IV di
SDN Pasuruhan 1 kabupaten Magelang. Hal ini dibuktikan dengan pengukuran
awal dan pengukuran akhir keaktifan siswa dengan nilai sig 0,001 (sig < 0,05).
Kesimpulannya adalah adanya pengaruh LKS berbasis Multiple Intelligence
terhadap keaktifan siswa pada materi wayang pandhawa kelas IV di SDN
Pasuruhan 1 Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Hermahayu, M.Si., dan ibu Galih Istiningsih,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model tipe Tandur, LKS Berbasis Multiple Intelligence, keaktifan Siswa Pada Materi Wayang Pandhawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:59
Last Modified: 26 Feb 2025 02:04
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item