Asfiyati, Faridatul (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Bab I_Bab II_Bab III_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Jigsaw terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD Negeri Geger
Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Pre Experimental Design) dengan
model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara
Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan soal tes hasil belajar sebanyak 38 butir soal
pilihan ganda. Uji validitas instrumen soal tes hasil belajar menggunakan rumus
product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha, uji tingkat
kesukaran soal dan uji daya pembeda dengan bantuan program SPSS for Windows
versi 23.00. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji
Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw
berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji
Wilcoxon diperoleh hasil Z scorE = 4627 dan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000
< 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara rata-rata posttest sebesar 75,39 dan
rata-rata pretest sebesar 58,89. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh positif terhadap
peningkatan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:40
Last Modified: 20 Feb 2025 01:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item