Hasan Mustofa, Muhammad (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Ketawang 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0194_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (776kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0194_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0194_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0194_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0194_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (459kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Think
Talk Write dengan media cerita bergambar terhadap keterampilan menulis
karangan pada Siswa kelas III SD Negeri Ketawang 1 kecamatan Grabag
Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain one grup pretest-posttest.
Pembelajaran Think Talk Write dengan media cerita bergambar terhadap
keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SD Negeri Ketawang 1
berjumlah 22 siswa
. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengambilan data
melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan
bantuan IBM SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Think Talk Write
dengan media cerita bergambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis
karangan siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon signed rank
test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan Z skor sebesar
-4,178. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor
rata-rata tes menulis karangan yaitu pengukuran awal (pretest) 49 dan
pengukuran akhir (posttest) 78. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Think Talk Write dengan media cerita bergambar berpengaruh
terhadap keterampilan menulis karangan siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati, M.S.,Kons. dan Rasidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis karangan, pembelajaran think talk write, media cerita bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 02:38 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:58 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |