Cahyono, Cahyono (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0056_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (841kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0056_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0056_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0056_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0056_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (382kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil
belajar matematika pada siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II
Magelang tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus
dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2)
pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit
II Magelang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 13 siswa perempuan.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes.
Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan
lembar soal tes kognitif. Metode analisis data pada penelitian ini
menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas
siswa kelas V dari 57% menjadi 79%. dan terjadi peningkatan rata-rata hasil
belajar matematika siswa kelas V dari 67,3 meningkat menjadi 76,5 dengan
presentase ketuntasan sebesar 69%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas
V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. dan Tria Mardiana,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 02:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 04:02 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |