Wibowo, Eko (2020) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK AVERSI COVERT SENSITIZATION TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas X B SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0301.0061_BAB I_BAB II_BAB II_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (586kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0061_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0061 Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0301.0061_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0301.0061_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik aversi covert sensitization untuk meningkatkan
kedisiplinan siswa bagi yang memiliki kedisiplinan siswa rendah. Penelitian
dilakukan pada siswa kelas X B SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang.
Tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan one group design pretest posttest. Subjek
penelitian dipilih secara purposiv sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8
siswa yaitu siswa masuk dalam kelompok eksperimen. Pengumpulan data
menggunakan observasi dan angket peningkatan kedisiplinan siswa. Teknik
analisis data menggunakan uji-t analisis Paired Sample T test dengan dengan
bantuan program SPSS for windows versi 20.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik
aversi covert sensitization berpengaruh untuk meningkatkan kedisiplinan siswa
bagi siswa yang memiliki kedisiplinan siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan
adanya perbedaan skor rata-rata skala kedisiplinan siswa kelompok eksperimen.
Hasil peningkatan skor pretest dan posttest skor tertinggi sebesar 73 atau
(48,99%) dan terendah sebesar 48 atau (36,09%). Rata-rata pemahaman
kedisiplinan siswa pretest dan posttest sebesar 58,25 atau (41,10%). Semakin
banyak peningkatan skor skala kedisiplinan siswa maka peningkatan kedisiplinan
siswa semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik aversi covert sensitization dapat meningkatkan
kedisiplinan siswa pada kelas eksperimrn.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyanto, M.Si. dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Aversi Covert Sensitization , Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 01:35 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:35 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |